Madzhab Imam as-Syafi'i Menurut Pendapat Nabi

Madzhab Imam as-Syafi'i
Menurut Pendapat Nabi

Selamat Datang di طَلَبُ الْعَلْمِ

ما هو له بقول إلا أنه أخذ بسنتي ورد على ما خالفها
 “Apa yang dikatakan oleh Imam Syafi’I adalah bersumber dari sunnahku, dan ia menolaknya jika bertentangan dengan sunnahku”


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Terima Kasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog kami.

InsyaAllah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang kami maksudkan untuk menambah pengetahuan dan panduan, dan informasi ini tidak diniatkan untuk memecah sebuah golongan atau pun yang lainnya.
Artikel "Madzhab Imam as-Syafi'i Menurut Pendapat Nabi" tidak dimaksudkan untuk fanatik Madzhab, apalagi sampai menyalahkan Madzhab yang lainnya, akan tetapi artikel ini kami tulis sebagai penyalur ilmu para Ulama dan juga kisah dan pengetahuan terhadap sesuatu yang perlu diketahui.

Baca Juga :


Madzhab Imam as-Syafi'i Menurut Pendapat Nabi

Imam at-Turmudzi pernah meriwayatkan bahwa madzhab Imam Syafi’I adalah terbaik dari madzhab Imam Abu Hanifah danmadzhab  Imam Malik sebagaimana riwayat ini terdapat di dalam kitab Thabaqat Alfuqaha’ : Abi Ishak As Syairazi, As-Tsabit Wa Almutahawwil oleh Ahmad Said (Adonis), dll. Dikisahkan bahwa Imam at-Turmudzi bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw dalam tidurnya ketika musim Haji ketika beliau berada di Kota Madinah Nabi Saw bersabda sebagaimana berikut,

تفقهت لأبي حنيفة فرأيت النبي صلى الله عام حججت ، فقلت: يارسول الله قد تفقهت بقول آبي حنيفة أفأخذ به؟ فقال: لا ، فقلت : آخذ بقول مالك بن أنس؟ : فقال : خذ منه ما وفق سنتي . فقلت : فآخذ بقول الشافعي؟ قال : ما هو له بقول إلا أنه أخذ بسنتي ورد على ما خالفها . ومعنى هذا الخبر أن الشافعي أفضل من أبي حنيفة و مالك لأنه لم يقل الفقه برأيه ، بل أخذه من السنة . (ص : ١٧٥ / ج : ١/ الثابت و المتحول بحث في الإبداع و الإتباع عند العرب لأدونس)

“Ketika aku telah memahami madzhab fikih Imam Abu Hanifah. Aku bertemu Rasulullah Saw dalam mimpiku pada musim Haji, aku mengatakan dalam mimpiku : “Ya Rasulullah, aku telah memahami fikih Abu Hanifah, apakah aku ambil pendapat Abu Hanifah?”, Rasulullah Saw berkata: “ jangan”. Llalu aku mengatakan kepada Rasulullah Saw:“ Apakah aku ambil madzhab Imam Malik bin Anas? Rasulullah Saw bersabda:“Ambillah pendapat Imam Malik jika sesuai dengan sunnahku”. Lalu aku bertanya kembali kepada Rasulullah Saw:“Apakah aku ambil pendapat madzhab Imam Syafi’i”? Rasulullah Saw bersabda: “Apa yang dikatakan oleh Imam Syafi’I adalah bersumber dari sunnahku, dan ia menolaknya jika bertentangan dengan sunnahku”. Makna dari Khabar ini Bahwa Madzhab Imam Syafi’I lebih baik dari Imam Hanafi dan Imam Malik. Karena Imam Syafi’I dalam fikihnya tidak mengambil semata-mata dari pemikirannya melainkan dari Sunnah Rasulullah Saw. (At-Thabaqat Al Fuqaha’ Abi Ishak As Sairazi, As-Tsabit Wa Almutahawwil oleh Adonis, hal: 175)

Khabar di atas ialah berasal dari mimpinya Imam At-Turmudzi. Tidak ada ulama yang meragukan keshalihan seorang Imam Turmudzi (Abu ‘Isa Muhammad wafat: 279H/892M) beliau adalah salah seorang Imam ulama perawi (periwayat) Hadis. Beliau adalah murid dari Imam AlBukhari. Dan diantara karyanya yang terkenal ialah kitab “Aljami’ As-Shahih”. Menurut Syekh Ibnu Taimiyah, Imam Atturmudzi ialah seorang yang pertama yang membagikan derajat (martabat) kedudukan Hadis pada derajat yang Shahih, Hasan dan juga Dha’if (p, 37 Qawa’id Ushul Alhadits, oleh Prof.Dr.Umar Hasyim)

Keterangan dan Khabar Imam Turmudzi di atas bukan berarti pendapat dari Imam madzhab yang lain salah, tidak pula menjadikan madzhab lain menjadi tidak benar atau menjadikan madzhab lain kurang baik. Setiap orang berhak menilai dan memilih atau mencari kebenaran dari hasil ijtihad yang telah dilakukan oleh para ulama ahli madzhab kita. Tidak ada satu madzhabpun yang menjadikan dirinya merasa paling benar dan menganggap madzhab lain adalah salah. Kita yang tak faham ikut saja, akan tetapi jangan terlalu fanatick dibidangnya.

Semoga Bermanfaat

Wallahu'Alam Bishawwab.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Catatab kaki :

  • At-Thabaqat Al Fuqaha’ Abi Ishak As Sairazi, As-Tsabit Wa Almutahawwil oleh Adonis, hal: 175
  • p, 37 Qawa’id Ushul Alhadits, oleh Prof.Dr.Umar Hasyim


Lihat Artikel Lainnya :
Dimanakah Orang Tua Nabi Muhammad S.A.W.?
Kembali Kepada Al-Qur'an Dan Sunnah Melalui Sanad Ilmu (ULAMA)

Kerword :
madzhab, madzhab syafi'i, madzhab shahabi, madzhab muhammadiyah, mazhab maliki, mazhab hanafi, madzhab fiqih, madzhab imam hambali, mazhab hambali, madzhab nu, madzhab adalah madzhab aswaja, madzhab aqidah, mazhab ada berapa, mazhab atau mazhab, mazhab arab, madzhab apa itu, mazhab arti, mazhab austria, madzhab abu hanifah, madzhab berarti, biografi mazhab imam syafi'i, biografi madzhab 4, biografi madzhab hanafi, biografi mazhab maliki, belajar madzhab syafi'i, biografi madzhab syafi'i, biografi mazhab, biografi madzhab imam maliki, buku madzhab imam syafi'i, mazhab cinta, mazhab cinta lirik, contoh madzhab shahabi, contoh mazhab, contoh mazhab sahabat, ciri madzhab hanafi, contoh madzhab shahabi dalam kehidupan sehari-hari, contoh madzhab fiqih, contoh mazhab hambali, contoh madzhab dalam kehidupan sehari-hari, mazhab dalam islam, mazhab di indonesia, madzhab dzahiri

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »